Postingan

PROGRAM PENGEMBANGAN DIRI: ABK SDN MRIYUNAN JUARA KETERAMPILAN TINGKAT KABUPATEN GRESIK

Gambar
Alhamdulilah, lagi-lagi SDN Mriyunan mendapatkan juara. kali ini salah satu siswa yang bernama Faris Nabil Maulana mendapat juara 1 tingkat kabupaten gresik untuk kategori lomba keterampilan "kerajinan tangan" yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik. kegiatan ini berupa jambore inklusi yang diikuti oleh seluruh SD inklusi yang ada di kabupaten Gresik. Ada empat kategori yang dilombakan, lomba teknik keterampilan pramuka , karnaval budaya, tata letak tenda, keterampilan kerajinan tangan. Puji shukur SD mriyunan dapat menjuarai salah satu dari keempat kategori tersebut. Hebatnya lagi, lomba itu diperoleh oleh siswa SDN mriyunan yang dalam Kategori ABK nya adalah Tuna rungu. meskipun dengan keterbatasan itu tidak menyurutkan niat siswa tersebut untuk tetap berkarya dengan kreatif dalam melakukan kerajinan tangan. hal ini tentunya tidak semata mayang datang dan bisa begitu saja, banyak kegiatan-kegiatan di SDN mriyunan yang mendukung kemajuan siswa baik dalam hal...

Pengayaan pada materi isolator dan konduktor pada kelas VI SD

Pengayaan  ini diberikan untuk memberikan tambahan pengalaman siswa dalam membedakan konduktor dan isolator setelah diberi penanaman konsep ketika menerima materi di kelas. hal ini diberikan karena adanya ketakukan kurang difahaminya materi ini oleh siswa jika guru hanya menjelaskan dengan metode ceramah tanpa adanya percobaan secara langsung. Kelas:  VI  Standar Kompetensi  : 5. Memahami saling hubungan antara suhu ,sifat hantaran dan kegunaan benda Kompetensi Dasar : 5.1 Membandingkan sifat kemampuan menghantar panas dari berbagai benda. Materi Pokok : Konduktor dan isolator LEMBAR KEGIATAN SISWA  (LKS) _____________________________________________________  Anggota kelompok :  1. ....................                                     2. ...................

pandangan ki hajar dewantara tentang pendidikan dan Penerapan model belajar Ki Hajar Dewantara dalam pembelajaran IPA di SD

Gambar
Dalam pandangan Ki Hajar Dewantara kedewasaan bisa diartikan sebagai kesempurnaan hidup yakni kehidupan dan penghidupan anak-anak yang selaras dengan alamnya dan masyarakat. Ki Hajar Dewantara mengartikan pendidikan secara umum sebagai daya upaya untuk mewujudkan perkembangan budi pekerti (kekuatan batin), pikiran (intelek) dan jasmani anak, menuju ke arah masa depan yang lebih baik. Kedewasaan akan tercapai pada akhir windu ketiga, yaitu tercapainya kesempurnaan hidup selaras dengan alam anak dan masyarakat. Jadi dapat diartikan bahwa pendidikan terutama berlangsung sejak anak lahir hingga anak berusia sekitar 24 tahun. “Ki Hajar menyetujui teori Konvergensi, dimana perkembangan manusia itu ditentukan oleh dasar (nature) dan ajar (nurture). Anak yang baru lahir diibaratkan kertas putih yang sudah ada tulisannya, tetapi belum jelas”, (Suwarno, 1995: 30). Selanjutnya Ki Hajar juga berpendapat bahwa perkembangan anak didik mulai dari lahir hinga dewasa dibagi atas fase-fase seba...

Layanan Inklusi Tuna Grahita: Tuna Grahita Yang tak pernah datang terlambat

Gambar
PROFIL SISWA: Nama :Lucky Aliansah umur : 14 tahun (kelas V) sekolah : SDN Mriyunan Sidayu Gresik alamat rumah: Desa Leran manyar. ya, nama lengkapnya adalah Lucky Aliansah, anak ini biasa dipanggil dengan nama lucky, bocah 14 tahun ini mengetuk hati saya tentang arti sebuah kedisiplinan, utamanya ketika berada disekolah. bagaimana tidak, tiap hari dia sudah berada dan tiba disekolah pada pukul 05.30 wib. bisa kita lihat saja jika anak ini tiba disekolah jam segitu lalu jam pada jam berapa anak ini berangkat sekolah? sedangkan kita semua tahu jarak antara SDN mriyunan sekolahnya dengan rumahnya juga tidak dekat, sekitar 20 km dan hebatnya lagi anak ini berangkat sendirian dengan naik mobil angkutan desa (naik lend), sungguh luar biasa bukan? bagi saya itu sungguh luar biasa, karena pada waktu jam-jam shubuh rata-rata kita masih belum keluar dari selimut hangat kita masing-masing. Anak ini selalu membuat saya salut ketika bertemunya, walaupun dengan kondisi tuna grahita (...

Pengertian Bimbingan Belajar Menurut beberapa Ahli

Pengertian bimbingan belajar menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut : a.       Sukardi Bimbingan belajar adalah bimbingan dalam hal menemukan cara belajar yang tepat, dalam memilih program studi sesuai,dan dalam mengatasi kesukaran kesukaran yang timbul berkaitan dengan tuntunan-tuntunan belajar disuatu institusi pendidikan b.      L D Crow dan A Crow Bimbingan belajar merupakan suatu bantuan yang dapat diberikan oleh seseorang yang telah terdidik pada orang lain yang mana usianya tidak ditentukan untuk dapat menjalani kegiatan dalam hidupnya. c.       A J Jones Bimbingan belajar merupakan suatu proses pemberian bantuan seseorang pada orang lain dalam menentukan pilihan dan pemecahan masalah dalam kehidupannya. d.        Prayitno & Amti Bimbingan belajar adalah salah satu bentuk bimbingan yang diselenggarakan di sekolah. Pengalaman menunjukan bahwa kegagalan...

pengertian filsafat ilmu

Cabang ilmu filsafat yang membahas tentang masalah ilmu adalah filsafat ilmu. Tujuannya mengadakan analisis mengenai ilmu pengetahuan dan cara bagaimana pengetahuan ilmiah itu diperoleh. Filsafat ilmu adalah penyelidikan pokok perhatian filsafat ilmu adalah proses penyelidikan ilmiah itu sendiri. Namun berbicara mengenai filsafat ilmu sulit untuk memberikan suatu batasan yang positif. Banyak pendapat yang memiliki makna serta penekanan yang berbeda tentang filsafat ilmu. Menurut prof. Dr. Conny R. Semiawan, Dkk (1998) untuk menetapkan dasar pemahaman tentang filsafat ilmu sangat bermanfaaat untuk menyimak empat titik pandang di dalam filsafat ilmu, yaitu sebagai berikut: 1.       Pandangan yang menyebutkan bahwa filsafat ilmu adalah perumusan world-views yang konsisten dengan, dan pada beberapa pengertian didasarkan atas teori-teori ilmiah yang penting. Menurut pandangan ini, merupakan tugas dari filsuf ilmu untuk mengelaborasikan implikasi yang lebih luas ...

CONTOH ABSTRAK JURNAL ILMIAH UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA (UNESA)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF  TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA EKOSISTEM KELAS V SDN JERUK 1 SURABAYA Muhammad Salman Al Farisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya, madsalman6@gmail.com FX Mas Subagio PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya Abstrak : Latar belakang penelitian ini adalah guru kurang bisa menggunakan model pembelajaran yang sesuai materi dan karakteristik siswa yang mengakibatkan siswa kurang antusias belajar sehingga hasil belajar siswa belum maksimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada tema ekosistem subtema komponen eksosistem pembelajaran ke-1 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams games tournament. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari observasi dan tes. ...

RPP tema Lingkungan ( matematika dan bahasa indonesia) pada kelas 2 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan pendidikan    : SDN Mriyunan Sidayu Kelas/ Semester         : II/ Ganjil Tema                          : Lingkungan Alokasi waktu            : 3 x 35 menit A.            Standar Kompetensi     Matematika     Bilangan: 1. Melakukan Penjumlahan dan Pengurangan bilangan sampai 500 Bahasa Indonesia 1.   Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan 2.     Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi 3.   Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak 4.   Menulis permulaan melalui kegiatan melengk...