RPP tema Lingkungan ( matematika dan bahasa indonesia) pada kelas 2 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SDN Mriyunan Sidayu
Kelas/
Semester : II/ Ganjil
Tema : Lingkungan
Alokasi waktu : 3 x 35 menit
A.
Standar Kompetensi
Matematika
Bilangan: 1. Melakukan Penjumlahan dan Pengurangan bilangan
sampai 500
Bahasa Indonesia
1. Memahami teks pendek dan puisi anak yang
dilisankan
2.
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya,
bercerita dan deklamasi
3. Memahami teks pendek dengan membaca
lancar dan membaca puisi anak
4. Menulis permulaan melalui kegiatan
melengkapi cerita dan dikte
B.
Kompetensi
Dasar
Matematika
1.4 Menentukan Penjumlahan dan Pengurangan bilangan sampai 500
Bahasa Indonesia
Berbicara
2.2 Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami
orang lain
C.
Indikator
Matematika
• siswa melakukan operasi penjumlahan bilangan
Bahasa Indonesia
•
siswa menceritakan kegiatan sehari-hari secara beruntun
D.
Tujuan
Pembelajaran
·
Dengan
menggunakan media penjumlahan bersusun siswa dapat melakukan operasi
penjumlahan bilangan dengan benar
·
Dengan mengurutkan media gambar siswa dapat menentukan
jalannya cerita dengan tepat
·
Dengan mengerti urutan gambar siswa dapat menceritakan
kegiatan sehari-hari secara beruntun dengan tepat
E.
Materi
Pembelajaran
-
Penjumlahan
-
bercerita
F.
Model
dan Metode Pembelajaran
Model
pembelajaran : Model Pembelajaran STAD
Metode
Pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Tanya
jawab, presentasi
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Kegiatan Guru
|
Pendahuluan
|
15 Menit
1.
Guru
membuka pembelajaran dengan berdoa
untuk kelancaran dalam pembelajaran
2.
Guru
mengabsensi kehadiran siswa.
3.
Guru
menggali pengetahuan awal siswa dengan pertanyaan.
4.
Guru
memotivasi siswa
5.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran
dan model pembelajaran yang dipakai beserta cara penggunaannya.
|
Inti
|
80 menit
1.
Guru
menyuruh
siswa untuk melihat LKS matematika pada halaman 18 dan menyuruh siswa untuk
membacanya
2. Guru menanyakan ke siswa apakah ada yang sudah tahu dan bisa
tentang materi penjumlahan dua angka
3.
Guru
menjelaskan tentang inti materi
4.
Untuk lebih membuat siswa faham, guru mengeluarkan media pembelajaran
berupa penjumlahan bersusun.
5.
Guru
menjelaskan
kembali materi pembelajaran dengan dibantu media pembelajaran yang telah
dipakai
6.
Siswa
mencoba
menjawab pertanyaan guru dengan menggunakan media yang telah disediakan.
7. siswa menjawab
secara bergantian hingga semuanya mengerti
8. setelah faham
terhadap materi penjumlahan, guru mengalihkan ke materi selanjutnya.
9. Guru kembali
menjelaskan materi yang akan disampaikan
10.
Guru mengeluarkan media kalimat berurutan sebagai tindak lanjut atas
materi yang baru saja disampaikan
11.
Siswa mencoba menggunakan media dengan arahan guru.
12.
Guru membagi siswa kedalam 3 kelompok.
13.
Guru menjelaskan bahwa siswa akan berkelompok untuk mengerjakan tugas.
14.
Guru membagikan LKS kepada siswa
15.
Siswa mengerjakan LKS
16.
Guru mendampingi siswa apabila ada yang tidak difahami dalam
mengerjakan tugas kelompok
17.
Siswa mengumpulkan LKS
18.
Salah satu perwakilan kelompok mempresentasikan hasil pekerjaannya
19.
Guru memberi reward kepada kelompok terbaik
20.
Guru memberi Lembar penilaian
|
Penutup
|
20
menit
1.
Guru
merefresh
siswa dengan bernyanyi bersama
2.
Guru menutup pelajaran
|
H.
Alat,Bahan,
Media, dan Sumber Belajar
·
Alat
dan Bahan
1. Kertas
karton
2. Media penjumlahan bersusun
3. Media kalimat berurutan
4. LKS
·
Sumber
belajar
1.
LKS Matematika
kelas II oleh PENa
2.
LKS Bahasa
Indonesia kelas II oleh PENA
I.
Penilaian
1.
ProsedurPenilaian
a.
Penilaian Proses
Menggunakan lembar pengamatan sikap dan lembar kinerja
b.
PenilaianHasilBelajar
Menggunakan
instrument penilaian hasil belajar dengan tes tulis.
2.
InstrumenPenilaian
a.
Penilaian Proses
·
Penilaian kelompok
No
|
Nama
|
|
|
presentasi
|
Sikap ketika mengerjakan tugas
|
||
1
|
Kelompok 1
|
|
|
2
|
Kelompok 2
|
|
|
3
|
Kelompok 3
|
|
|
b. Tabel nilai
hasil belajar pada tiap-tiap soal
no
|
nilai
|
1
|
20
|
2
|
20
|
3
|
20
|
4
|
20
|
5
|
20
|
Gresik,
25 Agustus
2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
MAF’ULAH, S.Pd Muhammad Salman Al Farisi
NIP
: 19591226 198112 2 003 NIP: -
Komentar
Posting Komentar