CONTOH ABSTRAK JURNAL ILMIAH UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA (UNESA)



PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF  TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA EKOSISTEM KELAS V SDN JERUK 1 SURABAYA
Muhammad Salman Al Farisi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya, madsalman6@gmail.com
FX Mas Subagio
PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya
Abstrak :
Latar belakang penelitian ini adalah guru kurang bisa menggunakan model pembelajaran yang sesuai materi dan karakteristik siswa yang mengakibatkan siswa kurang antusias belajar sehingga hasil belajar siswa belum maksimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada tema ekosistem subtema komponen eksosistem pembelajaran ke-1 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams games tournament. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan presentase ketuntasan pada siklus I sebesar 70,38%, dan pada siklus II sebesar 92,52%. Pada kegiatan aktivitas guru mengalami peningkatan dengan presentase ketuntasan siklus I sebesar 70,83%, dan pada siklus II sebesar 91,67%. Pada kegiatan aktivitas guru mengalami peningkatan dengan presentase ketuntasan siklus I sebesar 72,50%, dan pada siklus II sebesar 90%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siwa, aktivitas guru, dan aktivitas siwa ketika diterapkan pada tema ekosistem subtema komponen ekosistem pembelajaran ke-1 di SDN jeruk 1 surabaya.
Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe TGT, tema ekosistem.

Abstrak :
The background of this research was teacher was unable to applying learning model that appropriated with student’s characteristic and matter that causing student was not enthusiast to learn and low student learning result. The aim of this research was to found out student activity, teacher activity, and student learning result on ecosystem theme subtheme ecosystem component first lesson by applying cooperative learning model type teams games tournament (TGT). This was a class action research by applying descriptive quantitative technique. Research data obtained from observation and test. Based on the research result, it was obtained student learning result data that experienced improvement with completeness percentage on first cycle as big as 70.83%, and on second ones as big as 92.52%. On teacher activity experienced improvement with completeness percentage on first cycle as big as 70.83%, and on second ones as big as 91.67%. On teacher activity experienced improvement with completeness percentage on first cycle as big as 72.50%, and on second ones as big as 90%. From those data it can be conclude that cooperative learning model type teams games tournament (TGT) very effective to improve student learning result, teacher activity, and student activity when applied on ecosystem theme subtheme ecosystem component lesson one on SDN Jeruk 1 Surabaya.

Keywords: learning result, cooperative learning model type teams games tournament (TGT), ecosystem theme.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PANJI LARAS

Teori Belajar Bruner

pandangan ki hajar dewantara tentang pendidikan dan Penerapan model belajar Ki Hajar Dewantara dalam pembelajaran IPA di SD