CONTOH ABSTRAK JURNAL ILMIAH UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA (UNESA)
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA EKOSISTEM KELAS V SDN JERUK 1
SURABAYA
Muhammad Salman Al Farisi
Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya,
madsalman6@gmail.com
FX Mas Subagio
PGSD FIP Universitas
Negeri Surabaya
Abstrak :
Latar belakang
penelitian ini adalah guru kurang bisa menggunakan model pembelajaran yang
sesuai materi dan karakteristik siswa yang mengakibatkan siswa kurang antusias
belajar sehingga hasil belajar siswa belum maksimal. Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada
tema ekosistem subtema komponen eksosistem pembelajaran ke-1 dengan menerapkan
model pembelajaran kooperatif tipe Teams games tournament. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang menggunakan teknik deskriptif
kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari observasi dan tes. Berdasarkan
hasil penelitian, diperoleh data hasil belajar siswa mengalami peningkatan
dengan presentase ketuntasan pada siklus I sebesar 70,38%, dan pada siklus II
sebesar 92,52%. Pada kegiatan aktivitas guru mengalami peningkatan dengan
presentase ketuntasan siklus I sebesar 70,83%, dan pada siklus II sebesar
91,67%. Pada kegiatan aktivitas guru mengalami peningkatan dengan presentase
ketuntasan siklus I sebesar 72,50%, dan pada siklus II sebesar 90%. Dari data
tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe teams games
tournament (TGT) sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siwa,
aktivitas guru, dan aktivitas siwa ketika diterapkan pada tema ekosistem
subtema komponen ekosistem pembelajaran ke-1 di SDN jeruk 1 surabaya.
Kata kunci: hasil
belajar, model pembelajaran kooperatif tipe TGT, tema ekosistem.
Abstrak :
The background of this research was teacher
was unable to applying learning model that appropriated with student’s
characteristic and matter that causing student was not enthusiast to learn and
low student learning result. The aim of this research was to found out student
activity, teacher activity, and student learning result on ecosystem theme
subtheme ecosystem component first lesson by applying cooperative learning
model type teams games tournament (TGT). This was a class action research by
applying descriptive quantitative technique. Research data obtained from
observation and test. Based on the research result, it was obtained student
learning result data that experienced improvement with completeness percentage
on first cycle as big as 70.83%, and on second ones as big as 92.52%. On
teacher activity experienced improvement with completeness percentage on first
cycle as big as 70.83%, and on second ones as big as 91.67%. On teacher
activity experienced improvement with completeness percentage on first cycle as
big as 72.50%, and on second ones as big as 90%. From those data it can be
conclude that cooperative learning model type teams games tournament (TGT) very
effective to improve student learning result, teacher activity, and student
activity when applied on ecosystem theme subtheme ecosystem component lesson
one on SDN Jeruk 1 Surabaya.
Keywords: learning result, cooperative learning model type
teams games tournament (TGT), ecosystem theme.
Komentar
Posting Komentar