SILABUS PKN



SILABUS PKN

Sekolah                                   : .......................................................
Kelas/Semester                      : II/I
Alokasi Waktu                       : 8 x 35 Menit
Standar Kompetensi             :1.Membiasakan hidup bergotong royong
Kompetensi Dasar
Materi Pokok

Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrument
Contoh Instrument
1.1 Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong

Gotong royong

·         Siswa dapat menjelaskan pentingnya manusia saling tolong menolong

·         Siswa mampu mengidentifikasi tata cara saling tolong menolong

·         Siswa dapat mengidentifikasi dengan siapa saja manusia harus saling membantu


·         Siswa mampu menyebutkan bagaimana cara saling membantu sesama

·         Siswa dapat menjelaskan pentingnya mengapa harus memililiki tenggang ras kepada orang lain

·         Siswa mampu mengidentifikasi macam-macam  cara hidup bergotong royong

·         Siswa dapat menjelaskan pentingnya bergotong royong dan saling membantu

·         Siswa mampu membedakan kegiatan mana yang dikatakan gotong royong dengan yang tidak gotong royong.

·         Siswa dapat membedakan kegiatan mana yang dikatakan gotong royong dengan tolong menolong

·          Siswa mampu menjelaskan tempat dimana saja untuk dapatnya hidup bergotong royong.

·         Siswa dapat menjelaskan pen-
tingnya  hidup  rukun,  saling  berbagi,  dan  tolong-menolong.
·         Siswa mampu menjelaskan  pe-
       ngertian  gotong
           royong.

·         Siswa dapat memberikan contoh  perilaku  gotong royong

·         .Siswa dapat menunjukan sikap rukun, saling berbagi, dan tolong menolong pada teman sekelas
.
·         Siswa mampu membangun sikap rukun, saling berbagi, dan tolong menolong kepada teman-teman.

·         Siswa mampu mempertahankan sikap rukun, sling berbagi, dan tolong menolong.

·         Siswa mampu menceritakan pengalaman  membantu orang tua.

·         Siswa dapat menceritakan bahwa manusia adalah makhluk sosial

·         Siswa mampu mempresentasikan hasil diskusi macam-macam sikap rukun, saling berbagi, dan tolong menolong ke depan kelas setiap kelompok


kognitif
·          Menjelaskan pentingnya manusia saling tolong menolong

·         Mengidentifikasi tata cara saling tolong menolong

·         Mengidentifikasi dengan siapa saja manusia harus saling membantu


·         Menyebutkan bagaimana cara saling membantu sesama

·         Menjelaskan pentingnya mengapa harus memililiki tenggang ras kepada orang lain

·         Mengidentifikasi macam-macam  cara hidup bergotong royong

·         Menjelaskan pentingnya bergotong royong dan saling membantu


·         Membedakan kegiatan mana yang dikatakan gotong royong dengan yang tidak gotong royong.

·         Membedakan kegiatan mana yang dikatakan gotong royong dengan tolong menolong

·          Menjelaskan tempat dimana saja untuk dapatnya hidup bergotong royong.

·         Menjelaskan pen-
tingnya  hidup  rukun,  saling  berbagi,  dan  tolong-menolong.
·         Menjelaskan  pe-
       ngertian   gotong
           royong.

·         Memberikan contoh  perilaku  gotong royong

Afektif
·         .Menunjukan sikap rukun, saling berbagi, dan tolong menolong pada teman sekelas
.
·         Membangun sikap rukun, saling berbagi, dan tolong menolong kepada teman-teman.

·         Mempertahankan sikap rukun, sling berbagi, dan tolong menolong.

Psikomotorik

·         Menceritakan pengalaman  membantu orang tua.

·         Menceritakan bahwa manusia adalah makhluk sosial

·         Mempresentasikan hasil diskusi macam-macam sikap rukun, saling berbagi, dan tolong menolong ke depan kelas setiap kelompok





-Tugas   
  
Individu
- Tes Lisan



- Penilaian
  
Lisan

  -  Penilaian
  
sikap  
  
melalui  
  
pengamat
  
an perilaku

    - Tes
 
performance

1. Apa  yang  dimaksud
hidup rukun?
2. Mengapa dengan teman
harus saling berbagi dan
tolong-menolong?
3.   Apa  yang  dimaksud
gotong royong itu?
4.   Di  mana  sikap  gotong
royong kita terapkan?
5.   Apa manfaat saling ber-
bagi  dan  tolong-me-
nolong?
8x35 Menit
(4Kali tatap muka)
  - Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar kelas 2, terbitan ESIS Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 1 - 22
     Orang tua Teman
     Lingkungan sekolah dst.
-Buku       Pendidikan Kewarganegaraankelas  II.  Penerbit
Cempaka Putih.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PANJI LARAS

Teori Belajar Bruner

pandangan ki hajar dewantara tentang pendidikan dan Penerapan model belajar Ki Hajar Dewantara dalam pembelajaran IPA di SD