SILABUS PKN
SILABUS
PKN
Sekolah : .......................................................
Kelas/Semester : II/I
Alokasi
Waktu : 8
x 35 Menit
Standar
Kompetensi :1.Membiasakan
hidup bergotong royong
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrument
|
Contoh Instrument
|
||||||
1.1 Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong
|
Gotong royong
|
·
Siswa dapat menjelaskan
pentingnya manusia saling tolong menolong
·
Siswa mampu mengidentifikasi
tata cara saling tolong menolong
·
Siswa dapat mengidentifikasi
dengan siapa saja manusia harus saling membantu
·
Siswa mampu menyebutkan
bagaimana cara saling membantu sesama
·
Siswa dapat menjelaskan
pentingnya mengapa harus memililiki tenggang ras kepada orang lain
·
Siswa mampu mengidentifikasi
macam-macam cara hidup bergotong royong
·
Siswa dapat menjelaskan
pentingnya bergotong royong dan saling membantu
·
Siswa mampu membedakan
kegiatan mana yang dikatakan gotong royong dengan yang tidak gotong royong.
·
Siswa dapat membedakan
kegiatan mana yang dikatakan gotong royong dengan tolong menolong
·
Siswa mampu menjelaskan
tempat dimana saja untuk dapatnya hidup bergotong royong.
·
Siswa dapat menjelaskan pen-
tingnya
hidup rukun, saling
berbagi, dan tolong-menolong.
·
Siswa mampu menjelaskan pe-
ngertian gotong
royong.
·
Siswa dapat memberikan contoh perilaku
gotong royong
·
.Siswa dapat menunjukan sikap rukun,
saling berbagi, dan tolong menolong pada teman sekelas
.
·
Siswa mampu membangun sikap rukun,
saling berbagi, dan tolong menolong kepada teman-teman.
·
Siswa mampu mempertahankan sikap rukun,
sling berbagi, dan tolong menolong.
·
Siswa mampu menceritakan pengalaman membantu orang tua.
·
Siswa dapat menceritakan
bahwa manusia adalah makhluk sosial
·
Siswa mampu mempresentasikan hasil
diskusi macam-macam sikap rukun, saling berbagi, dan tolong menolong ke depan
kelas setiap kelompok
|
kognitif
·
Menjelaskan pentingnya manusia saling tolong menolong
·
Mengidentifikasi
tata cara saling tolong menolong
·
Mengidentifikasi
dengan siapa saja manusia harus saling membantu
·
Menyebutkan
bagaimana cara saling membantu sesama
·
Menjelaskan pentingnya
mengapa harus memililiki tenggang ras kepada orang lain
·
Mengidentifikasi
macam-macam cara hidup bergotong royong
·
Menjelaskan
pentingnya bergotong royong dan saling membantu
·
Membedakan kegiatan
mana yang dikatakan gotong royong dengan yang tidak gotong royong.
·
Membedakan kegiatan
mana yang dikatakan gotong royong dengan tolong menolong
·
Menjelaskan tempat dimana saja untuk
dapatnya hidup bergotong royong.
·
Menjelaskan pen-
tingnya
hidup rukun, saling
berbagi, dan tolong-menolong.
·
Menjelaskan pe-
ngertian gotong
royong.
·
Memberikan contoh perilaku
gotong royong
Afektif
·
.Menunjukan sikap rukun, saling berbagi,
dan tolong menolong pada teman sekelas
.
·
Membangun sikap rukun, saling berbagi, dan
tolong menolong kepada teman-teman.
·
Mempertahankan sikap rukun, sling
berbagi, dan tolong menolong.
Psikomotorik
·
Menceritakan pengalaman membantu orang tua.
·
Menceritakan bahwa
manusia adalah makhluk sosial
·
Mempresentasikan hasil diskusi
macam-macam sikap rukun, saling berbagi, dan tolong menolong ke depan kelas
setiap kelompok
|
-Tugas
Individu - Tes Lisan |
-
Penilaian
Lisan
-
Penilaian
sikap melalui pengamat an perilaku
- Tes
performance |
1. Apa yang dimaksud
hidup rukun?
2. Mengapa dengan teman
harus saling berbagi dan
tolong-menolong?
3. Apa yang
dimaksud
gotong royong itu?
4. Di mana
sikap gotong
royong kita terapkan?
5. Apa manfaat saling ber-
bagi dan tolong-me-
nolong?
|
8x35 Menit
(4Kali tatap muka)
|
- Buku paket ( buku PKn untuk sekoah dasar kelas 2, terbitan ESIS
Karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd) hal 1 - 22
Orang tua Teman
Lingkungan sekolah dst.
-Buku Pendidikan Kewarganegaraankelas II. Penerbit
Cempaka Putih.
|
Komentar
Posting Komentar