perbedaan kurikulum lama dengan kurikulum 2013 pada kelas 1 SD
Perbedaan kurikulum
lama (KTSP 2006) dan kurikulum 2013
Tema : Diri Sendiri
KD lama (KTSP
2006)
|
KD baru
(Kurikulum 2013)
|
Perbedaan
|
1. Membilang
banyak benda.
2. Mengurutkan
banyak benda.
3. Menentukan
waktu (pagi, siang, malam) hari dan jam (secara bulat)
|
1. Menunjukkan perilaku patuh pada aturan dalam
melakukan penjumlahan dan pengurangan sesuai prosedur/aturan dengan
memperhatikan nilai tempat puluhan dan satuan.
2. Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan
menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat
bermain.
3. Mengenal dan memprediksi pola-pola
bilangan sederhana menggunakan gambar-gambar/benda konkrit.
4. Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan
memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait
dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta
memeriksa kebenarannya.
5. Mengelompokkan teman sekelas
berdasarkan tinggi badannya.
|
1.
Pada kurikulum lama permasalahan
matematika selalu diasosiasikan dengan [direduksi menjadi] angka. pada
kurikulum baru perimbangan antara matematika dengan angka dan tanpa angka
[gambar, grafik, pola, dsb]
2. KD
lama materi disusun untuk memberi pengetahuan pada siswa. KD baru mencakup
kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
3. KD
baru mengunakan media belajar yang konkrit.
4. KD
lama siswa diberi tahu tentang materi yang harus dihafal. KD baru siswa
diminta mencari tahu melalui pengamatan, pertanyan, penalaran, dll.
5. KD
lama tidak membiasakan siswa untuk berpikir kritis. KD baru merangsang sisw
untuk berpikir kritis.
|
Komentar
Posting Komentar