perbedaan kurikulum lama dengan kurikulum 2013 pada kelas 1 SD



Perbedaan kurikulum lama (KTSP 2006) dan kurikulum 2013
Tema : Diri Sendiri

KD lama (KTSP 2006)
KD baru (Kurikulum 2013)
Perbedaan
1.       Membilang banyak benda.
2.       Mengurutkan banyak benda.
3.       Menentukan waktu (pagi, siang, malam) hari dan jam (secara bulat)


1.  Menunjukkan perilaku patuh pada aturan dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan sesuai prosedur/aturan dengan memperhatikan nilai tempat puluhan dan satuan.
2.  Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
3.  Mengenal dan memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan gambar-gambar/benda konkrit.
4.  Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.
5.  Mengelompokkan teman sekelas berdasarkan tinggi badannya.
1.    Pada kurikulum lama permasalahan matematika selalu diasosiasikan dengan [direduksi menjadi] angka. pada kurikulum baru perimbangan antara matematika dengan angka dan tanpa angka [gambar, grafik, pola, dsb]
2.    KD lama materi disusun untuk memberi pengetahuan pada siswa. KD baru mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
3.    KD baru mengunakan media belajar yang konkrit.
4.    KD lama siswa diberi tahu tentang materi yang harus dihafal. KD baru siswa diminta mencari tahu melalui pengamatan, pertanyan, penalaran, dll.
5.    KD lama tidak membiasakan siswa untuk berpikir kritis. KD baru merangsang sisw untuk berpikir kritis.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PANJI LARAS

Teori Belajar Bruner

pandangan ki hajar dewantara tentang pendidikan dan Penerapan model belajar Ki Hajar Dewantara dalam pembelajaran IPA di SD